Berita Penting

Artificial Intelligence (Konsep)

 
Picture of Muhammad Hendri, M.M., M.Kom
Artificial Intelligence (Konsep)
by Muhammad Hendri, M.M., M.Kom - Monday, 22 February 2016, 11:07 AM
 

Apa sebenarnya definisi Artificial Intelligence (AI) tersebut :

1. Definisi AI dari kategori Acting Rationally:

AI adalah suatu system yang dirancang untuk dapat melakukan tindakan yang benar (doing the right thing) atau tindakan yang mencapai tujuan secara maksimal. "Doing the right thing" dalam hal ini berarti melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan maksimal berdasarkan informasi yang ada.

2. Definisi AI dari kategori Acting Humanly:
AI adalah suatu system yang mampu meniru perilaku atau kecerdasan manusia, seperti yang dibuktikan dalam Immitation Game (Turing Test). Turing Test membuktikan bahwa mesin AI mampu meniru perilaku atau kecerdasan manusia dalam menyelesaikan masalah (dalam Turing Test, mesin AI terbukti mampu menjawab pertanyaan dari interrogator). AI dapat meniru perilaku manusia karena dilengkapi oleh empat komponen kecerdasan manusia yaitu: language understanding, learning, knowledge, dan reasoning.


Agen memilih tindakan yang dilakukan berdasarkan dua faktor, yaitu: a) percept sequence atau informasi yang ditangkap sensor pada saat itu, b) built-in knowledge atau pengetahuan yang sudah dimiliki oleh agen.

Actuator berfungsi untuk melakukan tindakan yang diperintahkan agen berdasarkan informasi yang ditangkap oleh sensor.

Sensor berfungsi untuk menerima atau menyerap informasi dari lingkungan.

Performance Measure adalah kriteria-kriteria obyektif yang menentukan keberhasilan perilaku suatu agen.

Performance measure mesin vacuum cleaner: jumlah debu yang dihisap, lama waktu yang digunakan untuk membersihkan lokasi, besarnya listrik yang dikonsumsi dan suara yang dihasilkan.