Berita Penting

DO YOU KNOW: Skalar dan Vektor dalam Geometri

 
fitri
DO YOU KNOW: Skalar dan Vektor dalam Geometri
by Fitri Fatimah - Thursday, 16 June 2016, 2:16 PM
 

Skalar, vektor, dan titik adalah tiga elemen dasar dalam geometri.

Skalar dapat didefinisikan sebagai anggota himpunan yang dapat dikombinasikan oleh dua operasi (penambahan dan perkalian) yang mengabaikan beberapa aksioma dasar (asosiatif, komutatif, dan invers). Contohnya meliputi sistem bilangan asli dan kompleks dibawah aturan biasa yang dikenal.

Vektor pada umumnya digunakan untuk mewakili: titik dalam ruang (misalnya: lokasi), perpindahan dari titik ke titik, dan arah (misalnya: orientasi). Namun titik dan arah memiliki perilaku yang berbeda. Contohnya: translasi sesuatu berarti memindahkannya tanpa mengubah arahnya. Translasi suatu titik memiliki definisi titik yang berbeda, sedangkan translasi suatu arah memiliki definisi arah yang sama.

Vektor dalam definisi fisik adalah suatu kuantitas dengan dua atribut: arah dan magnitude. Contohnya meliputi force, velocity, dan segmen garis terarah. Setiap vektor memiliki sebuah invers. Setiap vektor dapat digandakan oleh sebuah skalar. Terdapat zero vektor yakni zero magnitude dengan arah tak terdefinisi. Penjumlahan dua vektor manapun menghasilkan sebuah vektor juga (menggunakan aksioma kepala ke ekor). Beberapa vektor dikatakan identik apabila memiliki panjang dan magnitude yang sama.

Skalar dan Vektor dalam Geometri