Berita Penting

ETIKA MENGIRIM PESAN YANG BAIK KEPADA DOSEN

 
fitri
ETIKA MENGIRIM PESAN YANG BAIK KEPADA DOSEN
by Fitri Fatimah - Friday, 19 August 2016, 10:35 AM
 

Via SMS, E-Mail, BBM, WA, Line, dsb

 

Seseorang yang beretika baik, akan dipandang hormat oleh orang lain. Komunikasi yang baik, melalui sms maupun e-mail mencerminkan etika seseorang dalam berkomunikasi. Ini hanya supaya kita semua terbiasa beretika baik dalam komunikasi, baik lisan maupun tulisan, karena komunikasi penting dalam dunia kerja nanti.

1.     Perhatikan Waktu Pengiriman Pesan

  • Mengirimkan Pesan Baiknya pada saat Hari dan Jam Kerja.

2.     Pergunakan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar

  • Menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Bukan bahasa Gaul (Alay).

3.     Dimulai dengan Sapaan

  • Diawali dengan ucapan salam, karena salam adalah do’a yakni “Assalamualaikum”, jangan disingkat. Atau menggunakan “Selamat Pagi” atau “Selamat Siang”.

4.      Tuliskan Identitas Anda

  • Dosen bukanlah Phonebook berjalan yang menyimpan begitu banyak nomor mahasiswa di ponsel nya. Sebaiknya Pesan yang dikirim disertakan identitas pengirim.

5.     Tuliskan Keperluan dengan Jelas dan Singkat

  • Tulislah pesan anda kepada dosen dengan singkat dan jelas, jangan bertele-tele agar tidak membingungkan.

6.     Ucapkan Maaf untuk Menunjukkan Kerendahan Hati

  • Sebagai bentuk penghormatan, gunakan kata permohonan maaf di awal dan akhir percakapan pesan yang anda kirim.

7.     Akhiri dengan ucapan Terima Kasih

  • Akhiri dengan ucapan terima kasih di akhir pesan yang dikirim.


Semoga setelah ini banyak mahasiswa yang SMS nya jadi jauh lebih baik, sehingga dosen tidak malas membalas smsnya, mahasiswa juga senang karena dosennya juga bisa dan enak dihubungi. Semoga artikel singkat ini bermanfaat buat anda.