Berita Penting

Apa Sih Fungsi Desktop Refresh Yang Sebenarnya ?

 
Picture of Iman Muhammad, SE, S.Kom, MM, M.Kes
Apa Sih Fungsi Desktop Refresh Yang Sebenarnya ?
by Iman Muhammad, SE, S.Kom, MM, M.Kes - Friday, 27 November 2009, 11:16 AM
 

Sangat banyak saya melihat orang tidak memahami sebenarnya fungsi dari suatu Command (Perintah) yang terdapat pada Windows; namun mereka mencoba memahami sendiri dan melakukannya tanpa dasar pengetahuan yang ilmiah. Adapun Command yang saya maksud di sini ialah Desktop Refresh.

Desktop Refresh

Banyak orang melakukan / mengeksekusi perintah Desktop Refresh dengan tujuan Mempercepat Sistem Kerja Komputer. Ini adalah suatu pemahaman yang sangat salah. Desktop Refresh dibuat tidak untuk mempercepat sistem kerja komputer, Desktop Refresh dibuat untuk memperbaharui tampilan Icon pada Desktop anda. Timbul pertanyaan anda "Kenapa harus memperbaharui tampilan Icon pada Desktop ?", Terkadang ada kondisi (misalnya Desktop anda memiliki Icons sangat banyak, Wallpaper dengan ukuran melebihi ukuran Display) menyebabkan Windows gagal memperoleh informasi yang Up To Date tentang Icon dari Cache Memory hal ini menyebabkan Windows memperlihatkan keanehannya (anomaly) diantaranya: 

  1. Menampilkan Icon yang sama untuk semua Icon pada Desktop (lihat gambar di bawah ini) 
  2. Menampilkan Icon dengan Warna Dasar (16 colors) walaupun sebenarnya VGA Card anda mendukung 32 Bits.
  3. Hang atau tidak menampilkan satu Icon pun pada Desktop.

    corrupted desktop icon
Nah apabila ini terjadi anda memiliki beberapa pilihan, diantaranya Restart, dan tentu saja menjalankan perintah Desktop Refresh. Selain dari itu jangan sekalipun anda melakukan Desktop Refresh !. Dari namanya saja Refresh kita sebenarnya sudah memahami hal itu (sangat disayangkan bila anda tidak mengerti Bahasa Inggris), kecuali kalau Microsoft memberi nama Desktop Faster. Sebaliknya melakukan Desktop Refresh secara berkali-kali secara cepat akan meningkatkan penggunaan CPU yang membahayakan umur dari CPU anda. Untuk membuktikannya anda lakukan perintah berikut ini :
  1. Tekan Ctrl+Alt+Del , lalu pilih Task Manager
  2. Kemudian pilih Performance Tab (lihat gambar), anda akan mellihat pada CPU Usage angka 4% yang menyatakan bahwa pemakaian CPU hanya 4% (ini kondisi normal saat PC tidak melakukan banyak pekerjaan).

CPU Usage sebelum Desktop Refresh

  1. Sekarang coba lakukan Desktop Refresh berungkali secara cepat (Tips: anda bisa menekan tombol F5 saat mouse berada di desktop).
  2. Nah anda akan melihat CPU Usage meloncat menjadi 18%. Apabila Desktop anda memiliki lebih banyak Icon (misalnya mencapai 30 icon), maka CPU Usage akan meningkat lebih tinggi lagi. Saran saya janganlah menempatkan Icon lebih dari 20 pada Desktop anda.

Performance saat Desktop Refresh

Timbul pertanyaan, mengapa perlu melakukan Desktop Refresh hanya untuk memperbaharui tampilan icon di desktop ? Bukankah Windows dapat melakukannya secara automatis ?.

Jawabannya adalah, memang benar Windows secara automatis akan melakukan Desktop Refresh sesuai dengan standard defaultnya yaitu : 500 icons ! (bukankah itu luar biasa ?), namun itu sangat tergantung dengan RAM (Memory) yang anda miliki. Untuk mempercepat Windows melakukan Desktop Refresh kita dapat melakukan trick dengan merubah nilai default Max Cached Icons menjadi 2000 icons !.

Apakah yang dilakukan oleh Icon Cached ?

Mungkin anda sudah mengetahui fungsi dari Cache Memory, PC akan menyimpan perintah yang pernah anda lakukan pada Cache Memory dengan tujuan bila perintah yang sama anda lakukan kembali, maka CPU akan memeriksa apakah perintah tersebut masih tersedia pada Cache Memory , kalau masih tersedia; maka CPU akan menjalankan perintah yang ada di Cache Memory bukan dari Harddisk sehingga perintah dapat dijalankan dengan lebih cepat. Anda dapat mencobanya dengan cara mengaktifkan MS-Word, kemudian close MS-Word, lalu Aktifkan kembali, nah terasakan bahwa MS-Word yang diaktifkan untuk kedua kalinya jauh lebih cepat dari yang pertama, karena fungsi Cache Memory.

Icon Cache hampir sama dengan fungsi Cache Memory, daripada menjalankan dari Harddisk file Iconcache.db database untuk meloading semua icon yang ada di PC anda, Windows akan mencheck dulu ketersediaan informasi Icon pada Cache Memory , bila tidak dijumpai barulah Windows menjalankan file Iconcache.db. Secara default Windows tidak menyediakan banyak memory untuk Icon cache, dengan sedikit trick untuk meningkatkan jumlah Icon cache anda akan meningkatkan Kinerja Windows anda, dan tidak perlu lagi melakukan Desktop Refresh!

Langkah-langkah merubah Icon Cache

  1. Jalankah Registry Editor, lewat Start, Run, ketik Regedit, dan Enter.
  2. Setelah Registry Editor terbuka, cari pada panel kiri sampai anda menemukan  HKEY_LOCAL_MACHINE/Software/Microsoft/Windows/CurrentVersion/Explorer. Pada Panel Kanan, lihat nama value Max Cached Icons.
  3. Kemudian Double Click dan rubah nilainya menjadi 2000.

Merubah Max Cached Icon

  1. Restart PC Anda.

Anda juga dapat mendownload file iconcache.vbs yang saya attached di atas posting ini dan menjalankannya.

Picture of Ahmad Zainal Nurdiansyah Hasibuan
Re: Apa Sih Fungsi Desktop Refresh Yang Sebenarnya ?
by Ahmad Zainal Nurdiansyah Hasibuan - Thursday, 26 November 2009, 11:44 AM
 
Salam hangat buat Pak Iman, Saya sangat setuju isi dari artikel bapak. Karena setiap kita melakukan refresh berulangkali processor com kita naik gak beraturan.
Picture of Lusi Yanti
Re: Saya dapatilmu baru ?
by Lusi Yanti - Thursday, 26 November 2009, 6:02 PM
 
sore pak?!
sebelum hal ini saya ketahui dulu saya sering kali melakukan hal tersebut, dan sejak hal ini jadi rubrik bahan diskusi bapak saya tidak melakukannya lagi. tahukah bapak bahwa hal itu juga saya terapkan pada rekan sekerja/seprofessi saya, tadinya saya tidak dipedulikan lalu saya melakukan saran yang bapak ajarkan..... nah alhasil mereka percaya.
tq pak

Picture of Tenang H Tumangger
Re: Saya dapatilmu baru ?
by Tenang H Tumangger - Friday, 29 January 2010, 3:39 PM
 
Salam Pak....!!!
Pak saya mau tanya
bagai mana cara mengubah icon cache yang lebih  mudah selain itu.???

terimakasih.........

Picture of Sahnan .
___^_6
by Sahnan . - Thursday, 26 November 2009, 6:28 PM
 
sbelumnya sy sering se x melakukan'a..
stelah sy buka task manager'a mmg berubah..
saluteee bwt pak iman..
km tgu yg lain'a ya pakkk..
Picture of Dame Sihol Gultom
Re: Apa Sih Fungsi Desktop Refresh Yang Sebenarnya ?
by Dame Sihol Gultom - Sunday, 6 December 2009, 3:47 PM
 
saya termasuk salah satu orang yang familiar dengan desktop refres ini.
tpi setelah saya membaca artikel ini... saya jadi merasa bersalah sama PC saya. tanpa sengaja saya sudah menyakiti nya.

Picture of Gegehta Sembiring
Re: Apa Sih Fungsi Desktop Refresh Yang Sebenarnya ?
by Gegehta Sembiring - Monday, 7 December 2009, 11:05 PM
 
Met MLm Pak....
ternyata Hal yang kita anggap spele,ternyata berpengaruh besar pada kinerja komputer kita...
trims,atas infonya...
Picture of Dian Pratiwi
Re: Apa Sih Fungsi Desktop Refresh Yang Sebenarnya ?
by Dian Pratiwi - Tuesday, 8 December 2009, 12:26 PM
 
refresh, awalnya sich emang saya gk tau fungsinya untuk apa, tp liat dari orang lain buat refresh ikutan dech, tp setelah baca artikel ini saya tahu apa refresh itu, ternyata gak ada fungsi sama sekali. the best banget dah pak, trz berikan kami info nya ya pak. Thank you pak. Asslammualaikum. dian Pratiwi
Picture of Yohannes Paulus Sitohang
Re: Apa Sih Fungsi Desktop Refresh Yang Sebenarnya ?
by Yohannes Paulus Sitohang - Tuesday, 8 December 2009, 6:26 PM
 
sore pak!
setelah saya membaca forum tentang desktop refresh yang bapak tampilkan, saya merasah bersalah. karena selama saya menganggap bahwa desktop refresh itu berfungsi untuk mempercepat kinerja komputer. tapi setelah saya mengetahui apa fungsi nya, saya tidak berani lagi untuk melakukan refresh pada desktop.
Picture of Alfiansyah Hasibuan
Re: Apa Sih Fungsi Desktop Refresh Yang Sebenarnya ?
by Alfiansyah Hasibuan - Monday, 14 December 2009, 8:38 PM
 
bukanya refresh itu menyegarkan pc pak???
tolong di bantu ya bapak
Picture of Iman Muhammad, SE, S.Kom, MM, M.Kes
Re: Apa Sih Fungsi Desktop Refresh Yang Sebenarnya ?
by Iman Muhammad, SE, S.Kom, MM, M.Kes - Tuesday, 15 December 2009, 8:09 PM
 
Dalam Kamus memang Refresh = menyegarkan, tapi kamu tidak bisa menterjemahkan Bahasa / Istilah ICT secara Harfiah !, Ambil contoh istilah Mouse = Tikus ??, Lalu Joystick = Batang Gembira ??, Plug and Play = Colok dan Mainkan ??, Server = Pelayan/Babu ??, Hardware = Barang Keras ??

Jadi karena Refresh artinya Menyegarkan kembali, lantas kenapa tidak kamu mandikan saja sekalian PC dan Monitor kamu. Kemudian taruh Shampo dan jangan lupa Sikat Keyboard nya pakai Odol.

Nah oleh sebab itu kamu baca benar-benar artikel saya di atas supaya paham, kawanmu yang lain paham, kok kamu susah ??
Picture of Muhammad Aswin
Re: Apa Sih Fungsi Desktop Refresh Yang Sebenarnya ?
by Muhammad Aswin - Monday, 15 February 2010, 1:16 PM
 
pak jadi refresh di buat itu untuk apa pasti semua yng telah di buat orang punya kegunaannya .emangnya apsih kegunaan sebetulnya?