Berita Penting

Deteksi Hardware Keylogger

 
Picture of Raudhah, S.E., S.Kom., M.Kom.
Deteksi Hardware Keylogger
by Raudhah, S.E., S.Kom., M.Kom. - Wednesday, 14 August 2013, 3:38 PM
 

Hardware Keylogger datang dalam dua versi:

-Sebagai perangkat kecil seukuran baterai AA yang terpasang inline dengan keyboard Anda.

-Sebagai keyboard yang kelihatan normal dengan sebuah keylogger internal, atau Keyboard Trojan.

Alat ini umumnya digunakan oleh perusahaan untuk memonitor karyawan, detektif swasta untuk mencari bukti, atau pencuri identitas benar-benar serius yang ingin melacak apa yang Anda lakukan pada komputer Anda.

Hardware Keylogger umumnya diiklankan sebagai lebih baik dari software keylogger karena mereka tidak terdeteksi. Hal ini berlaku untuk yang tidak mau belajar, namun setelah membaca halaman ini Anda akan dapat menemukan sebuah hardware keylogger dengan mudah!

Sebuah hardware keylogger yang paling sering dipasang antara keyboard dan komputer, seperti ini:

552616_331614366901010_1370798894_n.jpg

(Gambar: Keylogger1)

Dengan mengintip di balik sistem anda dan mengikuti kabel keyboard Anda, Anda bisa mengetahui apakah ada sesuatu yang "aneh" disisipkan di antara keyboard dan komputer.

Salah satu hardware keylogger yang paling populer adalah KeyGhost. Anda dapat mengunjungi situs resmi KeyGhost untuk informasi lebih lanjut tentang hardware keylogger dan mengapa mereka seperti intrusi/penyusup ke dalam privasi Anda. Berikut ini adalah representasi dari bagaimana hardware keylogger sebenarnya mungkin terlihat ketika diinstal:

533840_331614463567667_913336688_n.jpg

(Gambar: Keylogger2)

-Atau-

564335_331614550234325_352642878_n.jpg

(Gambar: Keylogger3)

Tergantung pada merek keylogger Anda, mungkin berbeda dari foto di atas. Jika Anda melihat perangkat seukuran baterai AA sepanjang garis keyboard Anda, itu bisa jadi suatu filter yang tidak berbahaya, atau suatu hardware keylogger. Lihatlah perangkat dengan hati-hati yakni pada konektor yang diduga dapat terpisah. Jika tampak bahwa perangkat dapat dipisahkan dari di antara keyboard dan komputer, kemungkinan besar bahwa itu adalah hardware keylogger.

Sebuah hardware keylogger menyamar sebagai keyboard nyata akan benar-benar tidak terdeteksi:

536262_331614660234314_984879791_n.jpg

(Gambar: Keylogger4)

Untuk mencegah ancaman ini, pastikan bahwa Anda menggunakan keyboard yang dikirimkan bersama komputer Anda, atau Anda sendiri yang membuka paket komputer setelah membelinya dari toko terkemuka. Jika seorang "teman" menawarkan keyboard baru secara gratis dan mereka mungkin memiliki motif alternatif, sangat berhati-hati! Jika ragu, belilah keyboard baru karena mereka cukup murah.

Pencopotan Hardware Keylogger:

Untuk mencopot hardware keylogger, apakah itu model inline atau keyboard trojan, ikuti langkah berikut secara hati-hati:

1. Matikan komputer dan cabut dari listrik. Anda dapat merusak sistem Anda jika Anda mencoba untuk mencopot keylogger saat komputer Anda sedang berjalan!

2. Hati-hati lepaskan keyboard dari komputer Anda.

3. Jika itu sebuah keylogger inline, cukup mencopotnya. Jika keyboard trojan, tukar dengan yang dikenal aman.

4. Pasang keyboard langsung kembali ke dalam komputer. Pastikan kabel terpasang dengan benar, dan bersikap lembutlah karena konektor mudah rusak/bengkok.

5. Itu saja! Hidupkan sistem anda kembali dan jalankan SpyCop (atau software anti-spyware lainnya) untuk memastikan bahwa salah satu software keylogger atau program mata-mata tidak berjalan!

Bagaimana Jika Terlanjur Menggunakan Hardware Keylogger?

Setelah mencopot hardware keylogger, sangat penting bahwa Anda mengubah SEMUA password Anda karena mungkin telah diganggu. Pikirkan tentang bank online Anda dan layanan lain di mana informasi pribadi mungkin berisiko, dan hubungi mereka untuk membiarkan mereka tahu bahwa data Anda mungkin telah dicuri.

Setelah mencopot hardware keylogger, anda mungkin ingin menghancurkan secara fisik perangkat tersebut untuk memastikan bahwa data yang terkandung di dalamnya tidak dapat diambil. Sadarilah, bagaimanapun, bahwa beberapa hardware keylogger dapat mengirim data mereka keluar diam-diam dan tidak memerlukan akses fisik setelah perangkat awalnya ditanam.

Atau, perangkat tersebut mungkin akan menjadi bukti yang dapat Anda gunakan dalam penuntutan bisa saja berupa pencurian kriminal. Jika ini bisa terjadi, simpan perangkat di tempat yang aman, berhati-hati untuk menghindari kemungkinan kontaminasi sidik jari dan hubungi penegak hukum setempat untuk mendapatkan bantuan.

Posted by: Raudhah Miraza (facebook.com/adek.raudhah)

#LogikaSains