Berita Penting

★ CARA PARTISI HARDDISK TANPA FORMAT! ★

 
Picture of Raudhah, S.E., S.Kom., M.Kom.
★ CARA PARTISI HARDDISK TANPA FORMAT! ★
by Raudhah, S.E., S.Kom., M.Kom. - Saturday, 1 June 2013, 2:06 PM
 
Sebelumnya, saya ingin mengingatkan bahwa: memformat drive dan menciptakan drive baru adalah hal yang sangat serius yang terkadang membutuhkan kesabaran, bila tidak sesuai dengan prosedur yang seharusnya dan terjadi shutdown yang tak terduga maka dapat merusak harddisk anda, jadi hati-hati dengan hal tersebut.

Naaah... Windows 7 ke atas memiliki kemampuan khusus untuk mengecilkan partisi dan membuat yang baru tanpa kehilangan data ataupun memformat partisi yang ada.

Perhatikan baik-baik, sebelum membuat partisi baru dari yang lama, pastikan kondisi drive yang ada adalah 50% kosong sehingga Anda tidak akan kehilangan data apa pun.

Baiklah, berikut ini adalah cara partisi harddisk tanpa format di Win7:
① Klik kanan pada Computer dalam menu Start dan pilih Manage.
② Klik ganda pada Storage kemudian pilih Disk Management.
③ Pada layar ini Anda melihat semua drive hadir di komputer Anda.
Misalkan Anda inginkan untuk partisi drive D yang memiliki ukuran 20GB dan ingin membuat drive lain G 10GB dari drive D, jadi klik kanan pada drive D dan pilih opsi Shrink Volume.
④ Dalam jendela berikutnya, ketik 10000 untuk 10GB di opsi Enter The Amount Of Space To Shrink In MB, atau Anda dapat mengganti 10000 (untuk 10GB) dengan apa pun pilihan Anda.
⑤ Klik tombol Shrink dan tunggu beberapa menit.
⑥ Setelah beberapa saat, Anda akan menemukan ruang tak terisi yang baru dengan ukuran yang lebih kurang sama, sekarang klik kanan padanya dan pilih opsi New Simple Volume.
⑦ Klik Next dua kali, jika Anda ingin melanjutkan dengan ukuran yang sama.
⑧ Pilih huruf drive untuk drive baru dan klik Next.
⑨ Biarkan pengaturan default, misalkan Format volume ini dan pastikan NTFS dipilih.
⑩ Klik Next dan kemudian selesaikan, tunggu sebentar dan ..TaDa!.. drive baru Anda telah dibuat tanpa memformat drive lain.

Langkah-langkah tersebut bisa dilakukan untuk Windows Vista ke atas, pengguna Windows XP dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti EaseUs.